Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

TRADE OFF DALAM KEHIDUPAN

TRADEOFF Yaitu suatu situasi pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu yang ingin dicapai dengan melibatkan kehilangan satu kualitas yang lain. Tradeoff biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya :

Seorang mahasiswa yang memilih naik motor ke kampusnya atau memilih naik angkutan umum

Bila naik motor, mahasiswa tersebut harus mengeluarkan sedikitnya Rp. 5000,- untuk keperluan bensinnya. Tetapi bila naik angkutan umum, harus mengeluarkan uang sedikitnya Rp. 10.000,-. Dengan naik motor tentunya lebih banyak untung, selain membutuhkan waktu tempuh yang lebih cepat untuk menuju ke kampus. Tetapi keuntungan dari naik angkutan umum juga ada yaitu tidak capek bila di jalan macet.

Contoh lainnya antara kerja dengan kuliah setelah lulus SMA. Ada yang berpikiran untuk apa kuliah, toh ujung-ujungnya untuk nyari kerja juga. Dengan kuliah saya dapat meningkatkan kemampuan saya dibandingkan dengan kerja langsung setelah lulu sekolah. Kuliah dapat meningkatkan daya piker yang lebih kreatif dan inovatif. Bila nantinya memang harus bekerja di balik computer, gaji yang di dapapu berbeda dengan orang yang kerja tanpa kuliah. Orang yang memilih bekerja langsung setelah sekolah tidaklah buruk, beberapa alasannya adalah dia bekerja terlebih dahulu kemudian mendapatkan cukup uang untuk kuliah, untuk meringankan beban orang tua, ada juga yang berpendapat untuk menghindari lingkaran setan dalam bekerja maksudnya dia bekerja dulu sambil kuliah kemudian bila ia telah lulus S1 gaji naik. Kemudian dia bekerja dengan pangkat yang telah berbeda dari sebelumnya dan seterusnya.

Contoh lainnya adalah pilihan antara buku dan laptop. Saya memilih laptop karena dengan laptop saya dapat mencari buku-buku tanpa harus membelinya. Dengan laptop buku yang ada di pasaran dapat di download secara free. Laptop memudahkan semua dalam pencarian ilmu-ilmu yang ingin di cari. Ada juga yang lebih memilih buku dari pada laptop. Dengan alasan memilih buku dapat memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan membaca buku melalui laptop.

Februari 6, 2009 - Posted by | TUGAS KULIAH TEORI EKONOMI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: