Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

KEGIATAN INVISIBLE HAND

The Invisble hand adalah kata yang tepat untuk melukiskan peranan yang besar namun tidak kelihatan atau tersamar yang biasa di sebut sebagai sesuatu di balik layar. Semua orang dalam kehidupannya pasti pernah merasakan pertolongan di luar dirinya dan bahkan pertolongan itu tidak dirasakan sebagai pertolongan namun membuat jalan hidupnya menjadi berubah sangat signifikan

Berbicara mengenai perekonomian pasar tidak akan lepas dari pemikiran Adam Smith dan konsep ”tangan tak tampak” (invisible hand). Semua rumah tangga dan perusahaan di dalam masyarakat yang berinteraksi di pasar bertindak seolah-olah dibimbing oleh suatu ”tangan tak tampak” yang membawa mereka pada hasil-hasil yang dikehendaki pasar. Dan pada akhirnya, kita bisa beranggapan bahwa apa yang dimaksud dengan ”tangan tak tampak” adalah harga, karena harga mencerminkan nilai suatu barang bagi masyarkat sekaligus biaya yang harus dibayar untuk membuat barang tersebut. Ketika kita mempertimbangkan harga pada saat ingin membeli barang, secara tidak sadar berarti kita mempertimbangkan biaya dan manfaat. Hal ini membuat harga memandu kita sebagai pengambil keputusan untuk mencapai hasil-hasil yang mungkin bisa memaksimalkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Berkaitan dengan ”tangan tak tampak”, ada penjelasan bahwa ketika pemerintah mencegah harga-harga untuk menyesuaikan diri secara alamiah terhadap permintaan dan penawaran, kemampuan tangan tak tampak untuk mengoordinasikan perekonomian menjadi tidak ampuh lagi. Ketika ada intervensi dari pemerintah terhadap perekonomian, maka antara rumah tangga dan perusahaan, pembeli dan penjual, tidak bisa lagi memperkirakan biaya dan manfaat yang sebenarnya. Hal ini akan mengganggu pengambilan keputusan, dan akhirnya mengganggu perekonomian.
Tetapi kenapa pemerintah tetap dibutuhkan? Karena ada hal-hal yang memang tidak bisa dijangkau atau diatur tangan tak tampak. Tangan tak tampak bisa mengatur perekonomian, tetapi tidak bisa mengatur permasalahan yang berkaitan dengan, misalkan, hukum. Pemerintah dibutuhkan untuk melindungi setiap rumah tangga dan perusahaan serta menjaga agar kegiatan perekonomian berjalan dengan benar. Perusahaan memproduksi barang untuk dijual, bukan diambil secara gratis. Pembeli mengkonsumsi barang yang memang layak untuk dikonsumsi, dan bukannya barang yang membahayakan kesehatan.
Ada juga keadaan dimana pasar gagal mengalokasikan sumber-sumber daya secara efektif yang dikenal dengan istilah kegagalan pasar (market failure). Bentuk dari kegagalan pasar adalah kekuasaan pasar (market power) yang bisa memunculkan monopoli, eksternalitas, barang publik yang menyebabkan adanya free rider (akan kita obrolkan pada kesempatan lain).dalam hal ini, pasar dianggap gagal dalam menyebarkan kemakmuran secara merata.
Pemerintah memang bisa meningkatkan kondisi perekonomian, tetapi bukan berarti pemerintah harus selalu melakukannya.

Februari 12, 2009 - Posted by | TUGAS KULIAH TEORI EKONOMI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: