Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Defisit 2,5% dari PDB Masih Bisa Ditolelir

JAKARTA – Besarnya stimulus yang digulirkan pemerintah sebesar Rp71,3 triliun yang menyebabkan angka defisit APBN membengkak dari satu persen menjadi 2,5 persen mendapat sorotan tajam dari Komisi XI DPR.

“Defisit sebesar itu tidak ada masalah, maksimal kan tiga persen dari PDB. Amerika saja defisitnya 7 persen. Jadi DPR jangan terlalu menekan,” demikian ujar ekonom INDEF Aviliani, saat dihubungi okezone, Minggu (8/2/2009).

Mengenai defisit anggaran ini, Aviliani menyebutkan bahwa turunnya harga komoditi dan pengurangan pendapatan dari sektor pajak menjadi salah satu penyebabnya.

Terkait jumlah stimulus yang juga menjadi perdebatan antara DPR dan pemerintah, yaitu mengenai besarnya stimulus yang berupa transfer langsung. Aviliani berkomentar bahwa sebenarnya stimulus yang berupa insentif pajak sudah sangat membantu bagi berjalannya roda perekonomian.

Namun yang menjadi permasalahan, saat ini insentif pajak belum jelas akan diterapkan di industri apa, karena menurutnya insentif tersebut tidak bisa diberlakukan secara generik.

“Insentif pajak sangat baik untuk mendukung sektor riil, yang terpenting saat ini adalah bagaimana menjaga daya beli masyarakat,” tambahnya.

Disinggung mengenai penurunan BI rate sebesar 50 bps pada Rabu lalu (4/2/2009) menjadi 8,25 persen, Aviliani sedikit menyinggung optimismenya bahwa BI rate bisa menyentuh angka 7,5 persen di akhir tahun. Namun, dia mengingatkan bahwa penurunan BI Rate tidak akan secara otomatis menurunkan suku bunga kredit bank.

“Saat ini permasalahan yang dihadapi perbankan adalah likuiditas, jadi seperti masih akan sulit bagi bank untuk segera menurunkan suku bunga kredit,” pungkasnya.

relevansi pada 10 prinsip ekonomi terhubung pada prinsip ke 8. yaitu standar suatu hidup negara bergantung pada menghasilkan barang dan jasa.

Februari 16, 2009 - Posted by | TUGAS KULIAH TEORI EKONOMI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: