Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Pengaruh inflasi, tingkat bunga, SBI, kurs, dan JUB terhadap kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi.

Aktivitas perekonomian dunia di pengaruhi oleh harga minyak. Hal ini dikarenakan peranan vital minyak sebagai sumber energi utama bagi sebagian besar proses produksi dan kegiatan perekonomian di seluruh belahan bumi. kenaikan atau penurunan harga minyak memiliki pengaruh signifikan terhadap seluruh kegiatan perekonomian dan kehidupan masyarakat dunia.

Kenaikan atau penurunan harga minyak dunia dipengaruhi oleh nilai kurs mata uang asing. Kenaikan harga minyak mentah tersebut secara perlahan bisa memicu inflasi karena akan adanya pertambahan uang di suatu negara untuk dapat memenuhi aktivatas perekonomiannya. Inflasi yang meningkat akan berpengaruh kepada SBI, tingkat bunga pada SBI akan dinaikan untuk menjaga inflasi agar tidak meningkat tajam. Dengan tingkat bunga pada SBI di naikan, JUB pada masyarakat akan tertahan pada pasar uang contohnya bank.

Di pasar modal, nilai saham akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan tingkat bunga pada SBI yang meningkat akan merubah pandangan orang untuk berpindah ke pasar uang. Komoditas ini selalu menjadi titik sentral dari pertumbuhan dan pengembangan ekonomi secara global, regional, maupun nasional. Kinerja seluruh bursa saham dunia selalu terpengaruh oleh fluktuasi harga minyak mentah dunia.

Pengaruh kurs terhadap kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi di pengaruhi oleh cadangan devisa, supply dan demand di pasar uang. setiap kenaikan 1 rupiah nilai tukar dolar, mempengaruhi tingkat pengembalian saham. setiap kenaikan 1 rupiah nilai tukar dolar akan mengakibatkan penurunan kurs. Sehingga dengan begitu kinerja saham pertambangan Indonesia akan dipengaruhi oleh nilai kurs itu sendiri.

Maret 6, 2009 - Posted by | TUGAS KULIAH TEORI EKONOMI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: