Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

KENAIKAN HARGA BBM MEMPENGARUHI PENAWARAN DAN PERMINTAAN SEMBAKO

Bahan bakar minyak atau yang lebih di kenal orang banyak adalah BBM merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi perkembangan perekonomian di Indonesia. BBM di pakai untuk penggunaan transportasi public di mana yang salah satu akan mempengaruhi tingkat harga semabako (Sembilan bahan pokok).
Berhubungan dengan BBM terhadap sembako, sembako juga merupakan kebutuhan wajib bagi masyarakat Indonesia. Tingkat harga sembako yang dipengaruhi oleh tingkat harga BBM tampaknya harus disikapi dengan cermat.
Kenaikan harga BBM pada tahun 2008, dari 4500 menjadi 6000 sangat membebankan para konsumen yang menggunakan motor, produsen sembako dan juga para pelaku bisnis lainnya. dalam tulisan ini akan di bahas mengenai pengaruh kenaikan harga BBM terhadap tingkat harga sembako dan juga apa pengaruhnya terhadap penawaran serta permintaan dari sembako.

Mengapa peningkatan harga BBM mempengaruhi tingkat harga sembako?
BBM yang tadi sudah di jelaskan di atas merupakan bahan utama untuk transportasi public di mana transportasi tersebut dipakai untuk mengangkut barbagai jenis sembako yang akan di kirim berbagai macam penjuru pasar, sehingga tidak menutup kemungkinan bila harga harga BBM naik maka jasa transportasi naik yang akan mempengaruhi peningkatan harga sembako tersebut.

Kemudian apa pengaruhnya kenaikan harga BBM terhadap penawaran serta permintaan sembako?
Pada tahun 2008 terjadi peningkatan BBM dari 4500 menjadi 6000. Hal ini menjadi suatu beban bagi penjual sembako dan juga kita sebagai pengguna atau konsumen yang butuh sembako. Bila saat BBM seharga 4500 sedangakan harga sembako contoh saja cabai yang seharga 12000/kg itu merupakan harga normal saat BBM seharga 4500. Tetapi saat BBM naik menjadi 6000 harga sembako menjadi 15000/kg. Dalam kasus ini tidak ada yang di untung atau dirugikan. Dari pihak si penjual sembako, dia harus menanggung beban transportasi yang lebih untuk dapat sampai pengiriman sembako yang telah ia pesan. Dari pihak konsumen, kaniakan harga sembako juga memberatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada saat BBM 4500, penawaran dan permintaan akan sembako berjalan seiring dengan respon akan kebutuhan konsumen dan produsen. tetapi dengan kenaikan harga BBM penawaran dan permintaan sembako agak terganggu. Banyak produsen dan konsumen yang mengeluhkan kenaikan harga sembako tersebut. permintaan akan secara otomatis mengalami penurunan walaupun tidak signifikan. Penawaran juga akan mengalami penurunan guna etap mendapatkan keuntungan. Pergeseran penawaran dan permintaan sembako tidaklah terlalu signifikan, karena sembako tetap barang yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan sehari-hari.

Maret 27, 2009 - Posted by | TUGAS KULIAH TEORI EKONOMI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: