Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

PANCASILA…

1. Bagaimana pendapat anda mengenai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan idiologi dari Bangsa Indonesia ? Masih relevankah Pancasila digunakan saat ini ?

Pancasila sebagai dasar Negara. bagi saya sangat penting..mengapa? karena pancasila merupakan azas atau tuntunan bagi Negara Indonesia ini. Sebagaimana tertuang dalam Memorandum DPR-GR 9 Juni 1966 yang menandaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah dimurnikan dan dipadatkan oleh PPKI atas nama rakyat Indonesia menjadi dasar negara Republik Indonesia. Memorandum DPR-GR itu disahkan pula oleh MPRS dengan Ketetapan No.XX/MPRS/1966 jo. Ketetapan MPR No.V/MPR/1973 dan Ketetapan MPR No.IX/MPR/1978 yang menegaskan kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tertib hukum di Indonesia.

Inilah sifat dasar Pancasila yang pertama dan utama, yakni sebagai dasar negara (philosophische grondslaag) Republik Indonesia. Maka Pancasila merupakan intelligent choice karena mengatasi keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan (indifferentism), tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam seloka “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pancasila sebagai pandangan hidup. Pancasila sebagai pandangan hidup pun sangat berkaitan dengan pancasila sebagai dasar Negara. Sangat lah penting saya sebagai pemuda bangsa Indonesia untuk menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup. Berdasarkan ilmu yang saya terima dari BAB 1 ini, bila pancasila sudah di tinggalkan maka yang terjadi adalah banyknya kekacauan, degradasi moral dll. Hal ini tentunya akan menjadikan kondisi bangsa Indonesia yang tidak nyaman dan aman.

Pancasila sebagai ideology bangsa Indonesia. Pancasila sebagaimana kita yakini merupakan jiwa, kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Disamping itu juga telah dibuktikan dengan kenyataan sejarah bahawa Pancasila merupakan sumber kekuatan bagi perjuangan karena menjadikan bangsa Indonesia bersatu. Kerena Pancasila merupakan ideologi dari negeri kita. Dengan adanya persatuan dan kesatuan tersebut jelas mendorong usaha dalam menegakkan dan memperjuangkan kemerdekaan. Ini membuktikan dan meyakinkan tentang Pancasila sebagai suatu yang harus kita yakini karena cocok bagi bangsa Indonesia.

!!!MASIH RELEVANKAH PENGGUNAAN PANCASILA SAAT INI!!!

Menurt saya pancasila sangat relevan untuk dijadikan landasan bangsa Indonesia sampai kapan pun dan tidak akan tergantikan oleh ideology lain. Tetapi memang, berdasarkan penglihatan saya, saat ini pancasila hanyalah suatu ilmu. Ilmu yang di perkenalkan di bangku sekolahan saja. berbeda dengan dahulu. Walaupun pada zaman dahulu pancasila juga di jadikan sebagai mata pelajaran tetapi roh dari pancasila itu sampai tertanam di hati orang-orang yang mempelajarinya. Berbeda dengan sekarang, Pancasila sudah menjadi asing karena pengaruh budaya asing yang masuk ke Negara Indonesia ini.

Oleh karena itu, sesungguhnya sangatlah penting pancasila sebagai ideology bangsa Indonesia. Apakah akan kita ganti dengan ideology koruptor, penindas ataukah kekuasaan??? Tentunya tidak. Pancasila sampai kapan pun tidak akan termakan zaman.

2. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA. Pancasila merupakan suatu ideology yang telah di pikirkan oleh pencetusnya untuk di gunakan sampai waktu yang tidak terbatas. Oleh sebab itu, Pancasila memang sudah menjadi suatu ideology terbuka. Janganlah kita ragukan lagi.

April 2, 2009 - Posted by | Pancasila

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: