Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

PENERAPAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP (STUDI PADA RSUD KABUPATEN BATANG)

Definisi metode Activity-Based Costing (ABC) merupakan suatu sistem kalkulasi biaya yang pertama kali menelusuri biaya keaktivitas dan kemudian keproduk (Hansen & Mowen, 1992)

Perbedaan utama penghitungan harga pokok produk antara akuntansi biaya tradisional dengan ABC adalah jumlah cost driver (pemicu biaya) yang digunakan. Dalam sistem penentuan harga pokok produk dengan metode ABC menggunakan cost driver dalam jumlah lebih banyak dibandingkan dalam sistem akuntansi biaya tradisional yang hanya menggunakan satu atau dua cost driver berdasarkan unit.

Dalam rangkuman skripsi ini akan di bahas metode ABC dalam menentukan besarnya tarif jasa rawat inap pada RSUD Kabupaten Batang. RSUD Batang merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang melayani kesehatan bagi masyarakat sekitar Batang.

Landasan penting untuk menghitung biaya berdasarkan aktivitas dalam kasus ini yaitu adalah dengan mengidentifikasi pemicu biaya atau cost driver untuk setiap aktivitas. Cost driver merupakan faktor yang dapat menerangkan konsumsi biaya-biaya overhead. Faktor ini menunjukkan suatu penyebab utama tingkat aktifitas yang akan menyebabkan biaya dalam aktifitas.

Penentuan besarnya tarif jasa rawat inap di RSUD Kabupaten Batang yaitu berdasarkan elemen biaya perawatan pasien oleh perawat, biaya penggunaan tenaga listrik dan air, biaya konsumsi, biaya kebersihan, biaya administrasi, biaya bahan habis pakai, biaya asuransi, biaya penyusutan gedung, biaya penyusutan fasilitas, dan biaya laundry.

Setelah aktivitas-aktivitas ini diidentifikasi sesuai dengan kategorinya, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi cost driver dari setiap biaya aktivitas. Pengidentifikasian ini dimaksudkan dalam penentuan kelompok aktivitas dan tarif/unit cost driver.

Setelah mengidentifikasi cost driver, kemudian menentukan tarif per unit cost driver. Karena setiap aktivitasnya memiliki cost driver dengan cara membagi jumlah biaya dengan cost driver. Menurut Hansen and Mowen (1999; 134), tarif per unit cost driver dapat dihitung dengan rumus sbb:

Tarif per unit cost driver = Jumlah aktifitas

Cost Driver

Pembebanan biaya ke produk dengan menggunakan tarif cost driver dan ukuran aktivitas dalam tahap ini, menurut Hansen and Mowen (1999; 138), biaya aktivitas dibebankan keproduk berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas produk. Pembebanan biaya overhead dari tiap aktivitas ke setiap kamar dihitung dengan rumus sbb:

BOP yang dibebankan =Tarif/unit Cost Driver X Cost Driver yang dipilih

Dengan Mengetahui BOP yang dibebankan pada masing-masing produk, maka dapat dihitung tarif jasa rawat inap per kamar. Menurut Mulyadi (1993) perhitungan tarif masing-masing tipe kamar dengan metode ABC dapat dihitung dengan Rumus sbb:

Tarif Per Kamar = Cost Rawat Inap + Laba yang diharapkan

Untuk cost rawat inap per kamar diperoleh dari total biaya yang telah dibebankan pada masing-masing produk dibagi dengan jumlah hari pakai. Sedangkan laba yang diharapkan ditetapkan pihak manajemen RS yaitu kelas VIP 15%, kelas Utama I 12%, kelas Utama II 12%, Kelas I 10%, Kelas II 10%, kelas III dapat subsidi dari kelas VIP sebesar 5% dari tarif yang ditetapkan RS.

Kesimpulannya setiap metode yang terpenting adalah dalam pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk.

JAWABAN UJIAN NO.1

JAWABAN UJIAN NO.2


April 22, 2009 - Posted by | Akuntansi Biaya

4 Komentar »

  1. No 1 dan 2 baik, no 3 mereview jurnal atau penelitian itu bukan merangkum, tapi mengkaji metodologi terutama tool yg digunakan dan mengkaji teori dengan memperbandingkan dengan penelitian terdahulu. Nilai 40 + 40 + 10 -5 = 85 cukup ya.

    Komentar oleh Hary | April 22, 2009 | Balas

    • Terima kasih Pa,,iy salah baca,,terlalu buru2,,saya kira merangkum….terima kasih atas koreksinya Pa…

      Komentar oleh yogi18 | April 27, 2009 | Balas

  2. Ayo daftarkan blognya untuk mengikuti lomba blog mahasiswa UG, dan 5 jenis lomba lainnya. Total hadiah 25 jt + hadiah hiburan. Info selengkapnya bisa dilihat di http://studentsite.gunadarma.ac.id atau di http://community.gunadarma.ac.id/forums/display_topic/id_1078/Lomba-Blog-Mahasiswa/

    UG Media Center

    Komentar oleh Budi Hermana | Mei 9, 2009 | Balas

  3. Ayo daftarkan blognya untuk mengikuti lomba blog mahasiswa UG, dan 5 jenis lomba lainnya. Total hadiah 25 jt + hadiah hiburan. Info selengkapnya bisa dilihat di http://studentsite.gunadarma.ac.id atau di http://community.gunadarma.ac.id/forums/display_topic/id_1078/Lomba-Blog-Mahasiswa/

    UG Media Center

    Komentar oleh Media Center | Mei 9, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: