Yogi18’s Blog

Just another WordPress.com weblog

ASURANSI

Asuransi adalah sebuah sistem untuk merendahkan kehilangan finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya.

Asuransi dalam Undang-Undang No.2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi terbagi menjadi dua jenis:
– Asuransi social

– Asuransi komersil
Asuransi komersil terbagi menjadi dua jenis:
. Asuransi umum
. Asuransi jiwa

Sama seperti bank, sebuah perusahaan asuransi menerima dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Salah satu perbedaannya adalah terletak pada investasi pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan keuntungan. Bila di bank, bank bebas untuk menginvestasikan simpanan dari nasabah keberbagai macam bentuk investasi. Bila di asuransi, perusahaan asuransi hanya dapat menginvestasikan premi dari pihak nasabah dalam bentuk obligasi, deposito, dan tanah. Tentunya ada batasannya, yaitu hanya diperkenankan sebesar 5-10% dari besarnya premi yang ada di perusahaan asuransi tersebut.
Ada juga yang disebut asuransi berjangka. Yaitu, asuransi yang menawarkan pertanggungan untuk jangka waktu yang ditentukan. Asuransi berjangka cocok untuk perlindungan dalam rangka memenuhi kebutuhan keuangan tertentu yang akan habis atau hilang dengan sendirinya pada satu waktu di masa mendatang. Salah satu contoh manfaat asuransi berjangka bisa Anda dapatkan ketika Anda membutuhkan perlindungan hingga putra-putri Anda lulus kuliah.

Mei 25, 2009 - Posted by | Bank & Lembaga keuangan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: